top of page
Our Services

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Web III.png

Kekayaan intelektual terkandung pada setiap kreativitas ide pada bisnis Anda yang diantaranya terdiri atas nama dan logo brand, desain kemasan produk, resep makanan atau minuman, aplikasi atau software yang Anda kembangkan. Kami dapat membantu Anda untuk melindungi hak kekayaan intelektual tersebut baik dalam pendaftaran, perpanjangan maupun peralihan hak atas:

  • Merek

  • Hak Cipta

  • Rahasia Dagang

  • Paten

  • Desain Industri.

Hak Kekayaan Intelektual.

Ingin konsultasi?
Diskusikan keperluan legalitas Anda pada konsultan Kami dengan mengisi form ini.  

Konsultan kami akan segera merespon Anda.

  • 1. Jenis badan usaha/ perusahaan apa saya yang dapat didirikan di Legiska?
    Legiska melayani hampir seluruh jenis pendirian badan usaha di Indonesia yaitu PT, CV, Firma, Persekutuan Perdata hingga Yayasan.
  • 2. Mengenai pendirian PT, berapa syarat jumlah minimal pendiri (pemegang saham)?"
    A. PT Perorangan: Wajib 1 orang B. PT Persekutuan Modal (PT Biasa): Min. 2 orang, dalam hal pemegang saham lainnya hanya merupakan pasangan suami/ istri, maka Anda wajib menyertakan akta perjanjian pisah harta/ segera melakukan perubahan pemegang saham ketika PT memperoleh status badan hukum.
  • 3. Apa saja dokumen yang diperlukan sebagai syarat pendirian PT?
    A. KTP para pendiri PT B. NPWP para pendiri PT/ pasangan (bila tidak memiliki NPWP pribadi) Info penting: Pendiri PT tidak boleh memiliki tunggakan pajak maupun laporan pajak tahunan (SPT) yang belum terlapor.
  • 4. Setelah berlakunya UU Cipta Kerja per 2020 lalu, adakah perubahan mengenai pendirian PT di Indonesia?"
    A. Minimal modal dasar PT dahulu berjumlah Rp 50.000.000,- kini ditiadakan B. Pendirian PT kini terdiri atas 2 pilihan, PT Biasa (Persekutuan Modal) dan PT Perorangan C. Izin usaha bagi risiko usaha rendah cukup dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) D. Hal-hal lain yang diatur pada UU maupun peraturan turunannya. Tips penting: Sebelum mendirikan PT, lakukan pengecekan KBLI terlebih dahulu dengan Legiska untuk mengetahui tingkat risiko usaha Anda.
  • 5. Apakah NIB merupakan Izin Usaha yang sah?
    NIB merupakan izin usaha yang sah untuk usaha dengan jenis risiko rendah. Hal ini diatur dalam peraturan turunan UU Cipta Kerja (Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021). Namun, untuk usaha dengan risiko yang lebih tinggi, izin pendukung lainnya tetap diperlukan, seperti Sertifikat Standar/ Izin Usaha bidang khusus.
collaborative-process-multicultural-businesspeople-using-laptop-presentation-communication
bottom of page